13 Tips Membeli Laptop Gaming

tips membeli laptop gaming

Melakukan pembelian laptop gaming secara optimal memerlukan, paling tidak pengetahuan mengenai faktor apa saja yang memengaruhi harga dan performa.

Harga laptop gaming tidaklah murah, agar pembelian Anda optimal, sesuai budget, kebutuhan, dan ekspektasi, Anda bisa menyimak 10 tips memilih laptop gaming berikut ini.

1. Prosesor Minimal i5 dan A10.

prosesor laptop gaming

Jika Anda memilih prosesor Intel, minimal memilih Intel Core i5. Sementara untuk AMD, disarankan untuk memilih A10.

Kedua prosesor tersebut merupakan prosesor minimal untuk memainkan game masa kini, paling tidak untuk grafik bawah-menengah. Prosesor dibawahnya amat tidak direkomendasikan untuk laptop gaming.

Mengenai generasi intel saat ini merupakan generasi 9 dan 10. Akan tetapi, generasi 7 saat ini juga masih banyak beredar di pasaran.

2. VGA Minimal 4GB.

graphic card laptop gaming

Kartu grafis atau VGA dengan memori 4GB merupakan batas minimal kartu grafis yang Anda pilih. Untuk NVIDIA, Anda bisa memilih seri GTX untuk performa yang baik.

Sementara untuk AMD, Anda bisa memilih seri R7 ke atas.

Akan tetapi, bila VGAnya 8GB maka kecepatan laptop dalam memproses lebih bagus sehingga prosesnya lebih cepat.

3. RAM DDR4 Minimal 8GB.

Prioritaskan RAM DDR 4 8GB ke atas untuk menunjang performa bermain game yang lancar. 8GB dapat dikatakan merupakan batas minimal untuk memainkan game berat masa kini.

Selain itu, pastikan laptop Anda memiliki slot RAM tambahan, agar suatu saat Anda bisa menambah kapasitas RAM tersebut jika diperlukan.

Founder dari rekomended.com mengatakan bahwasanya kapasitas RAM sangat berperan untuk performa laptop Anda. Biasanya RAM yang kecil akan membuat game yang sedang Anda mainkan ngelag.

4. HDD Masih Bisa Diandalkan.

SSD lebih baik dari HDD (hardisk). Namun, harga SSD masih dan biasanya disertakan dalam kapasitas kecil. Prioritaskan laptop dengan HDD minimal 1TB.

Game saat ini memiliki ukuran file yang besar. Instal game di HDD jangan di SSD kecuali SSD yang Anda miliki berkapasitas besar.

Sebaiknya untuk SSD memiliki kapasitas minimal 256 GB atau lebih.

5. Dilema Baterai.

Mencari baterai yang tahan lama untuk bermain game di laptop memang sulit. Namun, komponen ini merupakan keniscayaan bagi pengguna laptop.

Tidak ada kriteria khusus selain melihat daya tahan baterai dan bisa tidaknya baterai tersebut dicopot. Kendati demikian, menggunakan laptop tanpa baterai pun cukup berisiko.

6. Layar 15 Inci dan FHD.

Untuk penampakan visual yang nyaman di mata untuk ukuran laptop gaming adalah minimal layar berukuran 15 inci dengan resolusi FHD alias 1080p. Resolusi FHD sudah menjadi persyaratan game-game masa kini.

7. Keyboard Backlight.

Tips memilih laptop gaming selanjutnya adalah memilih keyboard dengan backlight. Untungnya saat ini, keyboard dengan backlight tersebut sudah menjadi standar.

Sebaiknya pula, pilih juga laptop dengan keyboard yang ada numpad. Namun bila tak adalah bukanlah masalah yang begitu berarti.

8. Headphone Lebih Rikomendasikan.

Kendati bermain game dengan headphone lebih direkomendasikan, bukan berarti Anda mengabaikan kualitas audio dari speaker laptop.

Untuk suara maksimal beragam laptop gaming menggunakan software audio yang mampu membuat kualitas suara lebih baik.

9. Port Lengkap.

Semakin banyak dan beragammnya port pada laptop membuat konektivitas Anda lebih dinamis dan beragam. Setidaknya Anda membutuhkan 3 port USB 3.0 dan 1 HDMI port (sudah standar).

10. Tren Desain Tipis.

Laptop gaming memang sudah identik dengan bentuk yang besar dan berat. Namun, ada tren bahwa makin hari, laptop gaming makin tipis.

Jika Anda senang bermain multiplayer bersama teman, maka laptop dengan ukuran yang ramping dan mobile lebih direkomendasikan.

Baru baru ini laptop gaming yang tipis, cocok baik untuk gaming maupun produktifitas. Namanya, MSI Prestige.

11. Sistem Operasi Original.

Biasanya laptop gaming sudah sepaket dengan OS original yang sudah terpasang. Windows 10 64 bit merupakan standar OS pada laptop.

Direkomendasikan untuk membeli laptop yang sudah ada OS ketimbang kosong.

12. Tempat Servis Mudah Dijangkau.

Hal ini kerap diremehkan. Untuk mengantisipasi jika terdapat kerusakan, membeli laptop dengan tempat servis yang tersedia di kota Anda akan memudahkan proses perbaikan dari kerusakan yang mungkin terjadi tersebut.

13. Laptop Gaming Murah Itu Mitos.

Jangan cari laptop gaming murah karena tidak ada laptop gaming murah. Persiapkan anggaran minimal 10 juta untuk membeli laptop gaming dengan kemampuan minimal yang sudah cukup untuk memainkan game masa kini.

Demikianlah 13 tips memilih laptop gaming tersebut akan menjadi sahabat sekaligus panduan Anda ketika memilih laptop. Bersabar dan jangan memaksa serta lakukanlah pembelian yang optimal dan seimbang antara harga dan kualitas.