Tips Jualan di TikTok

Tips-Berjualan-di-TikTok

Saat ini promosi secara online sudah menjadi tren tersendiri karena terbukti bisa menarik banyak pelanggan.

Salah satu platform yang bisa digunakan untuk promosi secara online adalah aplikasi TikTok. Agar penjualan bisa meningkat dan pasar sasaran meluas, perlu mengetahui juga tips jualan di TikTok agar tidak ketinggalan zaman.

Penggunaan TikTok sebagai media promosi bukan tanpa alasan. Aplikasi ini sangat terkenal dengan jumlah unduhan sudah melebihi 100 juta kali.

Penggunanya juga berasal dari seluruh dunia. Jadi, penggunaan aplikasi ini sudah sangat tepat jika ingin mempromosikan barang jualan. Berikut beberapa tips yang bisa diikuti agar barang dagangan semakin laku:

6 Tips Berjualan di TikTok Agar Lebih Laku

1. Gunakan TikTok Ads

Penggunaan iklan berbayar adalah cara untuk melakukan promosi di media sosial. TikTok Ads juga sama seperti media sosial lain. Pada aplikasi ini ada empat pilihan iklan yang bisa dipilih dengan fungsi dan harga yang berbeda-beda. Keempat pilihan tersebut adalah InFeed Ads, Promotes Hashtag Challenge, Branded Effect/Filter, dan Brand Takeover.

Fitur dari setiap pilihan iklan tersebut juga berbeda-beda. Bagi penjual yang baru merintis usaha dan ingin memilih yang paling murah, maka InFeed Ads bisa dipilih. Selain karena populer digunakan, kemunculannya juga sangat menguntungkan di beranda pengguna Tik Tok. Jadi, penggunaan iklan ini akan membantu dalam penjualan.

2. Ajak Influencer untuk Bekerja Sama

Cara satu ini terbukti ampuh untuk memperluas jangkauan pasar dan menarik banyak pembeli. Hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin menggunakan jasa influencer juga banyak. Salah satu yang paling penting adalah harus sesuai dengan target pembeli. Selain itu, harus disesuaikan juga dengan tujuan promosi sehingga pembelinya tepat sasaran.

3. Buat Konten dengan Trend Terbaru untuk Memikat Pembeli

Membuat konten yang sesuai dengan tren juga penting. Trend di TikTok juga cepat muncul dan hilang, jadi harus sering-sering riset tentang tren terkini agar tidak ketinggalan zaman.

Hal ini terbukti ampuh menarik pembeli karena orang-orang cenderung melihat dan mengikuti tren. Sesekali buatlah trend baru agar konten terlihat lebih fresh.

Tips jualan di TikTok ini harus dilakukan dengan sabar. Konten-konten yang dibuat juga harus baru dan seru.

Meniru boleh, tapi jangan terlalu sering. Jika terlalu sering, orang akan jenuh dan memutuskan untuk tidak menonton konten yang dibuat. Pastikan juga konten yang dibuat rapi, jadi penonton TikTok tertarik untuk melihatnya.

4. Pakai Hashtag Berdasarkan Konten dan Produk

Penggunaan hashtag juga bisa meningkatkan jumlah produk yang dijual.

Hashtag yang digunakan harus sesuai dengan konten dan produk yang ditawarkan. Ada beberapa cara penggunaan hashtag yang benar. Pertama, jangan menggunakan hashtag yang terlalu biasa. Hal ini akan membuat konten TikTok tertimpah konten lain dengan hashtag yang sama.

Usahakan gunakan hashtag yang tidak umum, sehingga video mendapat tempat khusus yang bisa ditemukan orang-orang.

Kedua, jangan gunakan terlalu banyak hashtag. Lebih baik menggunakan beberapa saja. Meskipun hashtag yang dipasang banyak tapi jika semuanya umum, maka hal ini akan percuma.

5. Rutin Membuat Konten

Tips kelima yang bisa dilakukan adalah rutin membuat video promosi dan mengunggah konten.

Buat juga jadwal dan rencana konten apa saja yang akan diunggah agar lebih terstruktur. Jika konten diunggah teratur, maka hal ini bisa meningkatkan jumlah penonton karena banyak video yang bisa dilihat dan ditonton.

Supaya tidak kehabisan ide, gunakan fitur save video atau tiktok downloader untuk menyimpan video-video lain yang menurut kamu kedepannya dapat pula diimplementasikan untuk bisnis kamu.

Beberapa tiktok downloader yang dapat dicoba, misalnya qload, savetik, tikmate, ssstik, atau savefrom. Berikutnya, agar lebih tertata gunakan pula kalender konten sehingga tahu postingan yang hendak diupload untuk per harinya.

6. Sering Berinteraksi dengan Pengikut

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah intens berinteraksi dengan pengikut yang memberi komentar.

Biasanya komentar yang diberikan adalah pertanyaan mengenai produk yang dijual. Sebagai penjual yang baik, harus menjelaskan dengan tepat dan sabar kepada pemberi komentar. Tips jualan di TikTok satu ini harus dilakukan karena bisa memberi banyak manfaat.

Semakin sering berinteraksi dengan pengikut, maka semakin banyak orang yang menyukai konten yang dibuat.

Pembeli akan merasa mendapat keramahan dan pelayanan yang baik. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, citra produk yang dijual juga akan membaik.


Itulah enam tips jualan di TikTok yang bisa diterapkan dengan mudah.

Semua tips tersebut harus dikombinasikan agar mendapat hasil yang memuaskan dan sesuai dengan keinginan. Jika sudah melakukan semuanya, dijamin pembeli dari produk yang dijual akan semakin banyak dan penjualannya semakin meluas.