Ragam Masalah Proyektor dan Cara Mengatasinya

ragam masalah proyektor dan cara mengatasinya

Proyektor merupakan teknologi yang sekarang ini banyak digunakan, mulai dari presentasi tugas, penyampaian data, hingga sosialisasi yang dilakukan di tempat-tempat umum. Tak heran dengan perannya yang sangat penting membuat proyektor harus selalu dalam kondisi yang baik.

Namun tak jarang proyektor mengalami masalah-masalah yang akan membuatnya tidak bisa bekerja secara maksimal, oleh karena itu anda harus mengetahui cara mengatasi proyektor yang mengalami masalah tersebut.

7 Masalah Proyektor dan Cara Mengatasinya

1) Tombol Power Tidak Berfungsi

Masalah yang sering terjadi pada proyektor biasanya adalah tombol power yang tidak berfungsi dengan baik, hal ini bisa terjadi akibat usia proyektor yang sudah tua ataupun penggunaan yang berlebihan.

Untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa melakukan pengecekan proyektor secara berkala, baik menghidupkannya secara berkala ataupun menggunakan proyektor secukupnya saja.

Alternatif lainnya, yakni menggunakan remote atau aplikasi smartphone yang kompatibel dengan proyektor. Selain itu, kami juga rekomendasi agar Anda segera membawa ke tempat servis resmi supaya tahu penyebabnya.

2) Proyektor tidak Merespons Sinyal

Selain tombol power proyektor juga seringkali hilang connect atau tidak dapat merespon sinyal, hal ini disebabkan oleh VGA yang kurang pas ataupun mengalami kerusakan. Sehingga bila anda mengalami hal ini bisa mengganti VGA dengan yang baru atau mengganti kabel VGA tersebut agar proyektor mampu menerima sinyal menjadi lebih baik.

3) Tampilan LCD Buram

Layar LCD buram kerap kali terjadi bila proyektor memang sudah berusia cukup lama, walaupun tidak terlalu berpengaruh pada mesin namun hal ini dapat menimbulkan hasil gambar menjadi kurang jelas. Agar LCD tidak buram anda bisa membersihkan LCD secara berkala, namun bila sudah terlanjur buram gantilah LCD yang bermerek agar bisa lebih awet dan tahan lama.

4) LCD Proyektor yang Berubah Warna

Masih berada di LCD proyektor masalah yang sering terjadi juga adalah perubahan warna pada LCD, penggunaan yang terlalu intens dan kerusakan pada IC warna adalah penyebab utamanya. Periksalah bagian RGB dan IC warna untuk mengatasi layar proyektor yang mengalami perubahan warna tersebut.

Bila masalah yang satu ini terjadi pada proyektor anda, maka segeralah untuk memperbaikinya agar kerusakan tidak menyebar ke komponen lainnya. Hal ini dikarenakan kerusakan pada RGB bisa merambat ke komponen penting dalam proyektor tersebut.

5) Proyektor Redup

LCD proyektor memang sering mengalami kerusakan pada lensanya, mulai dari buram, bintik, hingga cahaya yang dihasilkan sangat redup. Disini penggunaan LCD yang sudah lama menjadi penyebabnya, namun hal ini bisa dicegah dengan melakukan pengecekan serta perawatan secara rutin. Sedangkan untuk memperbaikinya anda bisa mengganti lampu LCD dengan yang baru.

6) VGA atau Video Input tidak Bisa Tampil

Beberapa kasus menyebutkan bahwa proyektor juga bisa mengalami masalah pada VGA atau video input yang dimilikinya, dimana video inputnya tidak bisa connect atau tidak bisa tampil. Kesalahan ini biasanya disebabkan oleh main PCA yang mengalami kesalahan input, hal ini bisa diatasi dengan melakukan factory reset dan melakukan instal ulang.

7) Proyektor Mati Total

Kerusakan proyektor yang paling parah adalah kerusakan total, bahkan proyektor tidak dapat dinyalakan.

Baik tombol power, lampu led, serta LCD tidak menyala sama sekali. Bila sudah seperti ini maka cara satu-satunya yang bisa anda lakukan adalah segera membawanya ke tempat service, usahakan jangan terlalu lama membiarkannya karena akan memperburuk proyektor tersebut.

Kerusakan pada proyektor memang seringkali terjadi, berbagai penyebab utamanya adalah faktor usia dan penggunaan yang terlalu berlebih. Oleh karena itu pakailah proyektor yang anda miliki sesuai dengan kebutuhan serta kegunaannya, jangan sekali-kali memaksakan proyektor yang tidak sesuai dengan kemampuannya.