Pesan yang Menginspirasi Dari Tokoh Terkenal

Kata-Inspirasi-yang-Membangun

Kata inspirasi tidak selalu harus panjang. Namun juga bisa hadir dalam ukuran kata yang pendek atau singkat.

Meskipun demikian, kata-kata inspirasi singkat pastilah mengandung arti dan makna yang mendalam, sebagaimana arti kata bijak yang berarti kata yang menggunakan akal atau budi pekerti.

Berikut ini kumpulan beberapa kata-kata inspirasi singkat yang memiliki makna mendalam sekaligus paling menginspirasi dari para tokoh di seluruh penjuru dunia.

9 Kata Inspirasi Bermakna Dari Para Tokoh Terkenal

1. Kemantapan hati adalah kunci untuk menjalani hidup

“Kemanapun Anda pergi, pergilah dengan sepenuh hati.” Kong Fu Cu

Seringkali dalam menjalani hidup, kita dihadapkan dengan beberapa pilihan. Kunci sejatinya dari pilihan terbaik adalah jalan yang diambil sesuai dengan kemantapan hati.

Kemantapan hati ini diperoleh diri kita melalui proses menimbang plus dan minus, kemudian menetapkan satu keputusan untuk melangkah maju.

2. Bijak berasal dari pengenalan terhadap diri sendiri

“Mengenal diri sendiri adalah awal dari semua kebijakan.” Aristoteles

Orang yang bijak selalu memposisikan diri sebelum berbicara dan bertindak. Maka dari itulah, jika kita ingin bijak bertingkah laku ataupun ketika mengucapkan kata-kata.

Kita harus melihat ke kedalaman diri kita sendiri, agar kita bisa menjadi orang yang lebih bijak.

Nyatanya kita bukanlah makhluk yang sempurna, jadi jangan memperlakukan orang lain dengan tidak bijak.

3. Setiap bangun pagi awali dengan semangat baru

“Setiap saya bangun pagi dan hari itu akan menjadi hari yang menyenangkan. Anda tidak akan pernah tahu kapan hari itu berakhir jadi saya memilih untuk menolak hari yang buruk.” – Paul Henderson.

Awali hari pagi Anda dengan selalu ber-positif thinking. Awali pagi Anda dengan memanjatkan syukur kepada Tuhan. Anda bisa mengawali dengan membaca doa pagi hari sebelum memulai aktifitas Anda.

Selalu pikirkan dan ucapkan kalau Anda akan memperoleh hari yang menyenangkan. Dengan demikian, alam seisinya akan mendukung setiap langkah gerak Anda. Buatlah hidup Anda penuh semangat dan berbahagia setiap harinya.

Karena Anda tidak pernah tahu kapan hari itu akan berakhir dan akan kehilangan kesempatan.

4. Jika ingin meraih sesuatu, kuncinya hanyalah lakukan!

“Lautan mustahil dapat Anda sebrangi jika Anda hanya berdiri dan memandang airnya saja.” Rabindranath Tagore.

Terkadang kita memiliki suatu impian. Namun seringnya kita hanya memikirkan bagaimana caranya. Padahal langkah pasti agar impian tersebut tercapai tentu dengan bertindak.

Malah kadang kita hanya berkutat pada pikiran tanpa bertindak. Padahal bertindak pasti akan mendapatkan hasil.

Misalnya menyeberangi lautan, jika hanya memandangi dan berdiri saja tanpa menyeberang, kita tidak bisa menyeberang dan sampai ke tempat tujuan.

5. Kedamaian sangat murah dan mudah, tersenyumlah!

“Damai dimulai dengan senyum.” Bunda Teresa.

Damai merupakan suatu syarat yang dibutuhkan umat manusia untuk hidup bahagia dan tenang. Tidak perlu berfikir lebih dan terlalu tinggi, cukup dengan tersenyum maka kedamaian akan menyelimuti kita.

Coba sajalah! Karena tersenyum bisa bermakna kita bahagia, kita ikhlas, kita pasrah dan kita memaafkan.

6. Manusia tidak ada yang sempurna

“Esensi menjadi manusia adalah ketika seseorang tidak mencari kesempurnaan.” George Orwell- Seorang novelis asal Inggris.

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Manusia tempatnya salah dan dosa. Jadi jangan pernah berfikir untuk memiliki sifat yang sempurna, apalagi meminta orang lain untuk tampil sempurna untuk kita.

Pada saat diri kita merasa mengenali esensi sebagai manusia yang tidak sempurna, maka kita bisa mencegah diri untuk memaksa orang lain untuk tampil sempurna.

7. Ketekunan dan kegigihan adalah kunci sukses dan menjadi hebat

“Pekerjaan yang hebat tidak dilakukan dengan kekuatan, melainkan dengan ketekunan dan kegigihan.” Samuel Jhonson- seorang kritikus Inggris.

Ketekunan dan kegigihan merupakan kunci sukses untuk pekerjaan yang hebat. Sebaliknya kesuksesan dan pekerjaan yang hebat bukanlah pekerjaan yang dilakukan dengan kekuatan.

Jadi gunakanlah semangat yang ada pada diri kita untuk terus berjuang mengerjakan apa yang menurut kita patut diperjuangkan.

8. Pengalaman adalah guru yang terbaik

“Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman.” Albert Einstein.

Pengalaman sangat bermanfaat. Karena dari pengalaman yang kita alami, maka kita dapat memetik banyak sekali pelajaran, bahkan pengetahuan.

Salah satunya adalah semangat berjuang, kompetisi, bahkan kegagalan dan rasa sakit tidak luput akan kita dapatkan dari sebuah pengalaman.

9. Jangan lekas berpuas diri, sebab hal ini dapat menghancurkan dirimu sendiri

“Sejauh Anda merasa masih hijau, Anda akan tetap tumbuh. Namun begitu Anda merasa telah matang, maka Anda akan mulai membusuk.” Scott Horton

Diibaratkan orang yang masih hijau, belum berpengalaman, maka ia akan terus belajar, bekerja dan berusaha untuk terus memberikan hasil yang terbaik.

Tumbuhkan motivasi belajar dan semangat untuk terus berkarya selama jiwa masih di raga. Jangan cepat bepuas diri, karena ilmu pengetahuan dan kesuksesan masih terus diraih.

Namun apabila seseorang tersebut telah merasa dirinya matang dan sukses, maka kebanggaan dan rasa berpuas diri pasti akan menguasai. Sayangnya kedua rasa tersebut justru akan membuatnya jatuh, membusuk dan hancur.

Jadi intinya adalah jangan lekas berpuas diri, apalagi sombong, karena sifat tersebut dapat menghancurkan diri, pikiran bahkan karir Anda.

Simak dan baca juga : Sholat Sunnah Dengan Pahala Banyak

Kata-kata inspirasi seperti dalam daftar di atas memang tidak memerlukan banyak kata, namun jika kita berhasil menelaahnya, maka benar bahwa kata-kata bijak tersebut bermakna begitu dalam sekaligus menginspirasi. Bahkan layak untuk kita jadikan sebagai perenungan diri dan motivasi untuk hidup di jalan yang lebih baik.