Nasehat Orang Tua

Nasehat-Orang-Tua

Keberhasilan menjadi orang tua adalah ketika buah hatinya meraih kesuksesan dunia dan akhirat. Semua doa dan harapan mereka mengalir dalam nadi anak-anaknya. Orang tua berusaha sekuat mungkin untuk membesarkan anak-anak.

Berupaya dengan sekeras mungkin mendidik anak-anak agar dapat mencapai impian mereka. Banyak hal mereka lakukan supaya anak-anak mereka dapat berhasil.

Termasuk salah satunya adalah memberikan nasehat atau wejangan. Hampir semua nasehat orang tua di dunia ini sama. Nasehat yang sama untuk semua anak-anak yang mereka cintai.

Nasehat Orang Tua yang Selalu Diucapkan untuk Anaknya

Mengapa dikatakan bahwa hampir semua nasehat orang tua di dunia ini adalah sama?

Karena mereka memiliki satu keinginan yang sama yaitu segala kebaikan tercurah pada anak-anaknya. Para orang tua ini memiliki impian dan harapan yang sama, yaitu mengantarkan anak-anak meraih kesuksesan.

Berikut ini adalah nasehat-nasehat yang biasa kita dengarkan dari para orang tua dan harus selalu diingat.

1. Jangan Lupa Beribadah

Semua orang tua pasti menginginkan memiliki anak yang soleh solehah. Anak-anak yang taat beribadah dan terhindar dari perbuatan salah dan dosa.

Oleh sebab itu, orang tua selalu menasehati agar anak selalu ingat kepada Tuhannya dan tidak lupa untuk beribadah. Tidak lupa, orang tua juga akan selalu mendoakan supaya anak-anak mereka dapat meraih apa yang diinginkan.

Ibarat kata bijak orang jaman dahulu, doa dan nasehat orang tua adalah kunci sukses anak-anaknya. Jika anak selalu mengingat dan mengikuti nasehat yang diberikan orang tua, maka kesuksesan akan dengan mudah diraih.

Maka hormatilah dan patuhilah kedua orang tua Anda, terutama ibu Anda. Karena doa dan nasehat seorang ibu memilki pengaruh yang luar biasa kepada Anda.

Hormati-dan-Patuhilah-Ibumu

Sumber gambar : wisatanabawi.com

Nasehat untuk selalu beribadah tidak hanya untuk kepentingan di dunia saja. Nasehat ini bahkan bermanfaat untuk kehidupan akhirat. Oleh sebab itu, patuhilah nasehat orang tua Anda untuk selalu menjaga ibadah.

2. Jaga Kesehatan

Hal lain yang tidak lupa selalu dipesankan orang tua untuk anak-anaknya adalah selalu menjaga kesehatan. Hal ini bahkan menjadi pertanyaan pertama ketika mereka bertemu.

Apakah kamu sehat nak?

Bagaimana kesehatanmu sekarang?

Hal di atas adalah pertanyaan yang selalu mereka ucapkan. Kesehatan anak adalah hadiah yang utama bagi orang tua. Tidak ada hal yang lebih dipentingkan oleh mereka selain kesehatan anak-anaknya. Hal ini bahkan sudah berlaku sejak anak-anak masih sangat belia.

3. Selalu Sabar, Pantang Menyerah dan Kuat

Jadilah anak yang kuat, pantang menyerah dan sabar juga merupakan nasehat yang selalu diutarakan para orang tua. Sabar dalam menghadapi musibah, kuat ketika cobaan datang menerpa dan tidak mudah menyerah meski berkali-kali terjatuh atau gagal.

Perkataan orang tua mengandung semacam obat yang menguatkan ketika anak dilanda kesusahan, putus asa, ketakutan bahkan amarah. Mereka selalu ada dan berusaha menguatkan anak-anaknya dengan nasehat seperti ini.

4. Selalu Berbuat Baik pada Orang Lain

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa lepas dari manusia lainnya. Mereka hidup berdampingan dan saling membutuhkan.

Itulah mengapa orang tua selalu mempersiapkan supaya anak-anaknya bisa berbaur dalam kehidupan sosial. Membentuk mereka menjadi pribadi yang bisa dengan mudah beradaptasi dan diterima dalam masyarakat.

Orang tua akan selalu menasehati agar anak-anaknya berbuat baik dan menolong orang lain. Menjadikan kehadiran mereka sebagai sesuatu yang berarti dan bermanfaat bagi orang lain.

ika anak terlibat masalah dengan orang lain, para orang tua akan sedapat mungkin memberikan saran yang terbaik. Saran dan nasehat agar permasalahan yang terjadi tidak berdampak buruk untuk siapapun demi menjaga hubungan anak dan orang lain.

5. Utamakan Keluarga

Orang tua yang baik akan selalu mengingatkan anak-anaknya bahwa rumah dan keluarga adalah satu-satunya tempat pulang. Apapun yang dialami di luar rumah, sebesar apapun kepentingan di tempat lain, keluarga akan selalu menjadi tempat kembali.

Untuk itulah, orang tua selalu menasehati untuk selalu mengutamakan keluarga. Menempatkan kepentingan keluarga dan menjadikan mereka sebagai hal yang paling utama.

Baca juga : Surat yang Di Baca Pada Malam Jumat

Itulah beberapa nasehat dari orang tua yang selalu kita dengar. Nasehat-nasehat inilah yang selalu kita ingat dan menguatkan ketika kita sedang tertimpa musibah. Nasehat orang tua ini bagai oase di tengah padang pasir. Melegakan dan mendamaikan hati ketika kita membutuhkan ketenangan. Oleh sebab itu, dengarkan semua perkataan dan nasehat orang tua karena hal inilah yang akan dirindukan ketika mereka tiada.