Manfaat Mempercayai Setiap Rukun Dalam Islam

Manfaat-Mempercayai-Setiap-Rukun-Dalam-Islam

Sejak kita berkomitmen menjalankan agama Islam, kita juga harus melaksanakan kewajiban sebagai umat. Karena pada dasarnya Allah S.W.T menciptakan kita untuk mengerjakan kebaikan dan memerangi keburukan.

Dalam kehidupan ini Allah mewajibkan kita mengetahui, mempercayai dan menjalankan rukun-rukun dalam Islam.
Rukun-rukun Islam dan Manfaatnya

Selain diwajibkan untuk dipahami dan dipercayai, rukun-rukun dalam Islam juga wajib dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa jenis rukun dalam Islam beserta manfaatnya.

Manfaat Mempercayai Rukun Iman

Rukun iman adalah pilar bagi agama islam. Sebagai umat yang beragama islam wajib hukumnya untuk meyakini setiap rukun Iman.

Rukun Iman terdiri dari 6, yaitu :

  1. Iman kepada Allah
  2. Iman kepada Malaikat Allah
  3. Iman kepada Kitab Allah
  4. Iman kepada Rasul Allah
  5. Iman kepada Hari Akhir
  6. Iman kepada Qada dan Qadhar

Dengan yakin terhadap keenam rukun iman tersebut, maka kita senantiasa menjadi hamba Allah yang selalu rendah diri dan yakin bahwa hidup di dunia ini hanya sementara.

Ada Allah sang pencipta yang Maha Segalanya, yang hanya kepada-Nya manusia menyembah, dan tidak ada yang disembah kecuali Allah.

Dan yakin bahwa malaikat-malaikat Allah benar adanya yang bertugas membantu Allah. Dan yakin bahwa kitab-kitab yang diturunkan kepada para Rasul untuk meluruskan umat-Nya.

Masih ada hari akhir yang nantinya akan membinasakan semua isi dari dunia ini. Manusia akan dibangkitkan kembali untuk dihisab antara amal kebaikannya dan keburukannya.

Untuk itu dengan meyakini semua rukun iman ini, maka tidak ada yang bisa disombongkan oleh manusia sebagai umat-Nya yang benar-benar memiliki kelemahan.

Manfaat Mempercayai Rukun Islam

Rukun Islam merupakan peraturan dasar yang harus dipercaya oleh orang muslim. Adapun manfaat yang diperoleh jika mempercayainya yaitu :

1. Mendekatkan diri kepada Allah

Dengan mengucapkan lima kalimat syahadat secara terus menerus termasuk dalam dzikir. Dzikir merupakan salah satu upaya untuk mendekatkan diri kita kepada Allah.

Dengan mengucapkan secara terus menerus dengan artinya yang semakin tertanam dalam diri, maka akan menimbulkan kemantaban hati dalam mengimani Allah dan Rasulnya.

Jika rutin mengucapkan dua kalimat syahadat setiap hari maka akan memperoleh keberkahan dalam hidup.

2. Patuh Terhadap Perintah

Patuh terhadap perintah dan menjauhi larangan-Nya, dalam arti ketika kita telah menjalankan kelima rukun Islam tersebut.

Kita akan menanamkan bahwa Allah melihat, bersama, dan mendampingi kita dalam setiap aktivitas apapun.

Sehingga kita akan berlomba-lomba untuk menjalankan perintah yang diberikan Allah dan menjauhi larangan Allah.

3. Mendapat Pahala

Allah selalu berjanji jika kita melakukan ibadah, maka Allah akan memberikan pahala. Rukun Islam wajib hukumnya untuk dijalankan oleh seorang muslim.

Namun untuk rukun Islam yang kelima yaitu menunaikan ibadah haji dilakukan oleh orang yang mampu.

Mampu dalam hal ini secara fisik dan rohani, jika salah satunya memenuhi dan Allah menghendaki seseorang itu berangkat melaksanakan haji, maka orang itu dapat menjalankan ibadah haji.

Masing-masing pahala diberikan secara rahasia oleh Allah, tugas kita hanyalah melaksanakannya dan berharap Allah menerima.

Manfaat Mempercayai Rukun Sholat

Sholat merupakan ibadah yang dilakukan umat muslim untuk menyembah Allah sebagai satu-satunya sesembahan.

Dalam islam terdapat ibadah sholat wajib dan sholat sunnah. Sholat wajib adalah sholat yang wajib dilakukan oleh semua umat muslim yang sudah memenuhi syarat wajib sholat.

Sholat wajib dibagi menjadi 5 waktu yaitu :

  1. Sholat shubuh yang berjumlah 2 rakaat
  2. Sholat dhuhur yang berjumlah 4 rakaat
  3. Sholat ashar yang berjumlah 4 rakaat
  4. Sholat maghrib yang berjumlah 3 rakaat
  5. Sholat Isya yang berjumlah 4 rakaat

Di dalam menjalankan sholat, wajib mengerjakan sholat sesuai dengan rukunnya. Rukun sholat merupakan hal-hal yang wajib dipenuhi jika melakukan sholat.

Rukun Sholat itu terdiri dari :

  1. Berdiri (Untuk bagi yang mampu)
  2. Membaca Takbiratul ihram (Pada rakaat pertama)
  3. Membaca surah Al Fatihah pada tiap rakaat
  4. Melakukan Rukuk dengan tuma’ninah
  5. Melakukan Iktidal dengan tuma’ninah
  6. Melakukan sujud dua kali dengan tuma’ninah
  7. Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah
  8. Duduk dan membaca tasyahud akhir
  9. Membaca shalawat nabi pada tasyahud akhir
  10. Membaca salam yang pertama
  11. Tertib (Dengan melakukan rukun secara berurutan)

Manfaatnya adalah tubuh menjadi sehat karena gerakan shalat dibuktikan memiliki manfaat bagi tubuh. Jika sholat dilakukan secara khusyu’ maka akan mendekatkan diri kepada Allah.

Hati akan menjadi tenang dan menyadari bahwa kita adalah makhluk yang rendah dan meng-agungkan Allah setinggi-tingginya dengan bacaan dalam shalat.

Setelah mengerjakan sholat wajib, dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat wajib untuk memohon ampunan dan beristighfar kepada Allah.

Simak bacaan doa setelah sholat wajib lengkap dari sumber artikel ini di wisatanabawi.com.

Manfaat Mempercayai Rukun Ihsan

Rukun ihsan merupakan sikap yang memposisikan diri bahwa Allah selalu melihat aktivitas apapun yang kita kerjakan, sehingga seharusnya kita melakukan aktivitas yang bermanfaat saja.

Meskipun Allah tidak dapat dilihat oleh manusia, namun perasaan bahwa Allah sangat dekat dengan kita dapat membuat hati merasa tenang dan nyaman.

Tidak hanya kepada manusia, kita juga diperbolehkan untuk bercerita kepada Allah, karena Allah adalah satu-satunya harapan yang kita miliki.

Rukun ihsan terdiri dari tiga:

  1. Taqwa
  2.  Tawakal
  3. Ikhlas

Ketiga hal ini merupakan tahapan yang seharusnya dimiliki oleh orang Islam.

Taqwa merupakan sikap patuh terhadap kewajiban yang harus dilakukan bagi seorang muslim, taqwa ini dilakukan tulus dari kita sebagai hamba Allah yang lemah.

Kemudian tawakal, tawakal merupakan upaya yang kita lakukan atas tujuan yang ingin kita capai. Tawakal ini dapat berupa usaha nyata yang kita lakukan dalam kehidupan, juga dapat dilakukan dengan doa.

Jika keduanya dilakukan secara seimbang, maka Allah akan segera memberikan jawaban, dalam hal ini adalah hal yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. Karena Allah merupakan sebaik-baiknya pengambil keputusan.

Terakhir adalah ikhlas, ikhlas merupakan sikap yang tidak terlihat namun ada di dalam hati. Ikhlas ini merupakan tingkat ihsan yang terakhir.

Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari mempercayai tiga tahapan ihsan ini adalah hati menjadi tenang dan tentram.

Kkarena meyakini Allah selalu menjaga dan melindungi kita, menjadikan kita orang yang bersyukur atas nikmat Allah, dan menjadikan kita hamba yang selalu sabar dalam menghadapi ujian dalam hidup.

Simak dan baca juga : Sholat Sunnah Dengan Pahala Banyak

Demikian manfaat yang dapat diperoleh jika mempercayai rukun-rukun dalam Islam, semoga kita menjadi salah satu hamba yang memperoleh manfaat tersebut. Aamiin.