Jenis, Keunggulan, dan Harga Atap Baja Ringan

atap baja ringan

Atap baja ringan merupakan salah satu solusi terbaik untuk melengkapi suatu bangunan. Terkenal dengan berbagai keunggulan yang diusung.

Atap dengan material dari baja ini nyatanya sangat diminati oleh pasar. Apalagi, harganya bisa dikatakan customer friendly sesuai dengan kualitasnya.

Jenis Atap Baja Ringan

Ada beberapa jenis produk baja ringan yang dapat dengan mudah ditemukan di toko bangunan. Jenis ini sendiri dibagi berdasarkan material bahan pembentuknya. Dimana bahan tersebut jugalah yang kemudian memengaruhi kualitas, serta harganya.

Di bawah ini adalah beberapa jenis produk atap dari baja ringan yang banyak beredar di pasaran:

1. Galvanis

Sesuai namanya, Galvanis ini dilakukan dengan proses bernama galvanisasi. Yang artinya adalah melapisi baja dengan bahan seng. Pada jenis ini, finishing baja ringan melewati coating menggunakan material seng sebanyak 98%. Dan 2% sisanya aluminium.

Lapisan seng berfungsi sebagai protection baja dari proses korosi. Meskipun begitu, setelah 1 tahun korosi tidak akan dapat dihindarkan. Tapi yang paling menarik adalah, karena menimbulkan karat putih. Seringkali tidak dapat dikenali oleh orang awam.

2. Zincalume

Selanjutnya adalah jenis Zincalume. Dimana baja ringan dilapisi logam campuran. Takarannya adalah 55% aluminium, dan 45% seng atau zinc. Hal tersebut pula yang kemudian membuat produk jenis ini menjadi bintang di pasaran, karena kualitasnya bagus.

Meskipun begitu, harga yang di banderol ternyata cukup terjangkau. Walaupun lebih mahal kalau dibandingkan jenis Galvanis. Selain mempunyai sifat kuat, Zincalume juga tahan pada proses korosi.

3. Galvalum

Sebagian besar lapisan yang menyelimuti baja Galvalum adalah aluminium (55%). Kemudian dicampur dengan zinc (43.5%), dan silikon (1.5%). Kombinasi bahan tersebut juga yang membuat jenis ini memiliki daya tahan lebih tinggi. Bahkan hingga 4 kali lipat.

Dengan begitu, maka dapat disimpulkan kalau jenis Galvalum ini adalah yang terbaik. Dibandingkan jenis lainnya, yaitu Galvanis, dan Zincalume.

Keunggulan Atap Baja Ringan

Ada beberapa keunggulan menggunakan atap rumah dari baja ringan. Tapi sayangnya belum begitu banyak pihak yang mengetahuinya. Untuk yang sedang berencana membangun hunian, maka bisa menjadikan baja ringan sebagai alternatif solusi.

Disini akan di ulas mengenai apa saja kelebihan dari baja ringan:

1. Aman

Salah satu sifat baja ringan adalah kemampuannya untuk melawan api. Dan apabila suatu saat nanti terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, dan berhubungan dengan api. Hunian akan mampu bertahan lebih lama.

2. Anti Rayap

Selain itu, baja ringan juga anti rayap. Tidak seperti material atap kayu yang membutuhkan perhatian khusus secara berkala. Jadi, tidak perlu merasa takut kalau baja ini akan digerogoti oleh serangga.

3. Anti Karat

Sebagaimana sudah dijelaskan pada poin sebelumnya. Kalau baja ringan dilapisi dengan beragam material bahan khusus. Yang membuatnya anti karat, dan anti korosi. Jadi, tidak perlu merasa takut kalau atap akan berkarat.

4. Mudah Dipasang

Memiliki bobot ringan, akan membuat proses pemasangan atap juga berlangsung dalam waktu cepat. Selain itu, baja tidak membutuhkan perawatan khusus. Yang menjadi poin plus karena lebih hemat bagi penggunanya.

5. Harga Terjangkau

Kelebihan dari baja ringan yang terakhir, adalah harganya yang cukup terjangkau. Sangat sebanding dengan kualitas dari produk tersebut. Jadi, wajar kalau banyak yang berminat dengan produk atap dari material baja ringan.

Harga Atap Baja Ringan

Harga atap berbahan baja ringan memang bisa dikatakan tidak murah. Oleh sebab itu, calon customer harus mempertimbangkan dengan baik sebelum membelinya.

Harga atap bahan baja ringan 2020:

TipeUkuranHarga
Baja ringan tipe C75 – 0.75 E0.55 mmRp. 61.000
Baja ringan tipe C75 – 0.75 D0.60 mmRp. 62.500
Baja ringan tipe C75 – 0.75 C0.65 mmRp. 66.000
Baja ringan tipe C75 – 0.75 B0.70 mmRp. 73.000
Baja ringan tipe C75 – 0.75 A0.74 mmRp. 75.000
Baja ringan tipe C1000.96 mmRp. 92.500

Harga baja ringan yang sudah terpasang:

TipeUkuranHarga
Rangka baja + genteng metalPer m2Rp. 123.500
Rangka baja + genteng keramikPer m2Rp. 128.500
Rangka baja + atap metalPer m2Rp. 192.500
Rangka baja + atap metal + aluminium foilPer m2Rp. 213.500

Harga perlengkapan memasang baja ringan:

TipeUkuranHarga
Aluminium foil single1 m x 50 mRp. 275.000
Aluminium foil double1 m x 50 mRp. 283.000
Kanal – C 0.756 mRp. 66.000
Sekrup kanal – tipe C1 pcRp. 2.000
Sekrup genteng1 pcRp. 2000
RingPer batangRp. 30.500

Bagaimana dengan jenis hingga harga atap baja ringan di atas?

Untuk menghadirkan sebuah hunian yang aman dan nyaman. Dapat memilih atap baja ringan sebagai alternatif solusinya.

Namun sebelum memutuskan membelinya, sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis-jenis baja ringan. Sehingga bisa mendapatkan produk sesuai dengan ekspektasi.

Semoga bermanfaat dan terima kasih kepada tim dekadeko.com atas beberapa informasi tambahannya!