Hal yang Harus Diketahui Setelah Baligh

Yang-Harus-Diketahui-Setelah-Baligh

Sebagai seorang muslim sudah seharusnya kita mengetahui hal-hal apa saja yang diperintahkan oleh Allah SWT dan hal-hal apa saja yang dilarang oleh Allah SWT. Ketika waktu masih kecil atau masih seorang anak-anak, memang yang bertanggung jawab kepada dosa yang kita lakukan adalah kedua orang tua kita.

Namun, bagaimana jika seseorang sudah berada di masa baligh?

Ketika sudah berada di masa baligh tentu saja hal ini sudah berbeda. Ya, seseorang yang sudah berada di masa baligh sudah wajib bertanggung jawab kepada dirinya sendiri. Dosa yang dilakukannya pun juga sudah harus ditanggungnya sendiri.

Sebagai seorang umat islam tentu saja kita harus mengetahui hal-hal apa saja yang diperintahkan oleh Allah SWT dan apa saja yang dilarang oleh Allah SWT. Terutama, bagi orang yang sudah berada di masa baligh.

5 Hal yang Harus Diketahui Umat Islam di Masa Baligh

Nah, untuk Anda yang sudah berada di masa baligh. Berikut ini akan saya jelaskan beberapa hal yang harus diketahui oleh Anda. Langsung saja mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Mengetahui Rukun atau Syarat Sah Sholat

Bagi yang sudah baligh, rukun islam sholat, puasa sudah menjadi amalan yang wajib dilakukan. Untuk itu setiap umat islam yang sudah baligh wajib mengetahui rukun sholat.

Sholat 5 waktu yaitu sholat subuh, dhuhur, ashar, maghrib dan isya sudah menjadi ibadah rutin setiap hari. Bagi yang sudah baligh tidak boleh meninggalkan ibadah sholat ini dimanapun dan kapanpun. Walau dalam keadaan sakit selama masih bisa menggerakkan tubuhnya, wajib hukumnya untuk teteap mengerjakan sholat.

Jadi bagi yang sudah baligh wajib mengetahui rukun sholat dan gerakannya serta bacaannya lengkap agar ibadahnya diterima oleh Allah SWT.

2. Mengetahui Rukun atau Syarat Batalnya Wudhu

Sebagai seseorang yang sudah berada di masa baligh tentu saja Anda sudah harus tahu hal-hal apa saja yang membatalkan wudhu. Ya, wudhu adalah salah satu syarat sahnya sholat. Jika wudhu kita tidak sah maka sudah pasti sholat yang kita kerjakan juga tidak sah.

Nah, untuk seseorang yang sudah berada di masa baligh ini ada beberapa hal yang bisa membatalkan wudhunya yakni bersentuhan dengan yang bukan muhrim salah satunya. Ya, jika sebelum baligh seseorang yang dikategorikan masih anak-anak bisa menyentuh siapa saja.

Saat sudah baligh, seseorang tidak boleh sembarangan menyentuh yang bukan muhrimnya. Terutama lawan jenis yang bukan muhrim, kecuali ibu atau ayahnya ini tidak akan membatalkan wudhu Anda.

Jadi, dari sekarang jika memang sudah berada di masa baligh berhati-hatilah menyentuh seseorang yang bukan muhrim Anda karena tidak hanya bisa membatalkan wudhu saja, namun juga berdosa.

3. Mengetahui Perintah dan Larangan Allah SWT

Selanjutnya, hal utama yang perlu Anda ketahui juga ketika sudah berada di masa baligh adalah pastikan Anda tahu apa saja hal yang diperintahkan oleh Allah SWT dan juga apa saja hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT. Jangan sampai Anda tidak mengetahuinya dan melakukan dosa besar yang amat sangat dilarang oleh Allah SWT.

Misalnya Anda harus mengerjakan hal-hal yang diperintahkan oleh Allah SWT seperti sholat 5 waktu, puasa Ramadhan, zakat, bersedakah. Dan juga menjauhi hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT.

Misalnya seperti maksiat, berzina, tidak melaksanan sholat yang 5 waktu, minum minuman atau makanan haram dan lainnya. Ini harus Anda ketahui dan harus Anda jaga agar terhindar dari panasnya api neraka.

4. Jangan Berdekatan dengan yang Bukan Muhrim

Hal berikutnya yang juga perlu Anda ketahui ketika sudah baligh adalah pastikan mulai dari sekarang Anda menjaga jarak dengan seseorang yang bukan muhrim Anda.

Ya, berdekatan dengan yang bukan muhrim sama dengan maksiat. Bahkan memandang seseorang yang bukan muhrim pun juga bisa jadi menjadi maksiat.

Oleh karena itu, jika memang sudah baligh pastikan Anda menjaga pandangan dan usahakan jangan bersentuhan dengan seseorang yang bukan muhrim Anda.

5. Mengetahui Niat Mandi Wajib

Hal terakhir dan yang paling penting untuk diketahui berikutnya adalah pastikan Anda mengetahui perihal mandi wajib atau mandi junub. Hal ini penting sekali untuk Anda ketahui untuk mensucikan diri.

Tidak sah sholat yang Anda lakukan sebelum Anda melakukan mandi wajib di saat-saat tertentu. Karena bagi yang sudah baligh, niat mandi wajib, doa mandi wajib dan tata caranya harus benar-benar dipahami.

Untuk mengetahui lebih detail tentang doa mandi wajib atau doa mandi junub, Anda bisa mengunjungi sumber artikel di wisatanabawi.com sebagai media online yang mengulas tentang serba-serbi  islam.

Itu dia beberapa hal yang wajib diketahui oleh umat islam yang sudah memasuki masa baligh. Pastikan Anda selalu ingat dan catat hal-hal penting tersebut.

Baca juga : Nasehat Orang Tua

Di masa baligh, hidup Anda bergantung pada diri Anda sendiri walaupun jika berbuat dosa itu bisa jadi juga berimbas kepada kedua orang tua Anda. Jadi, sebisa mungkin hindarkan hal-hal yang membuat Anda berdosa. Semoga Allah SWT selalu menjaga keimanan dan ketakwaan kita untuk selalu beribadah kepadanya. Terimakasih.