Desain Rumah Jepang

rumah jepang

Jepang, negara di Asia Timur yang memiliki kekayaan bangunan yang kental dengan sejarah negara tersebut pada zaman dahulu. Konsep rumah Jepang yang sederhana dan masih ada keterikatan dengan aliran Zen (kembali ke alam) membuat rumah ini diminati banyak orang.

Tampilan rumah juga terlihat sederhana yang menggunakan warna-warna dinamis dan furnitur simple serta pencahayaan alami yang akan memberikan kesan alam bebas pada suasana rumah.

Adapun ciri khas interior rumah Jepang yang biasa kita lihat, yakni konsep lesehan. Tak menggunakan sofa atau kursi seperti rumah di Indonesia biasanya. Sementara itu, bagian luar rumah jepang saat ini hadir dengan desain yang compact dan sederhana.

Warna Rumah Jepang

desain rumah jepang modern

Sumber gambar: futuristarchitecture.com

Rumah ala Jepang identik dengan warna-warna alam yang diambil dari perpaduan unsur-unsur di alam seperti kayu dan batu. Biasanya Anda akan mendapati warna rumah yang identik dengan warna-warna cerah yang akan memberikan kesan bebas. Warna-warna tersebut antara lain putih, abu-abu, krem, coklat, dan hitam.

Warna putih menggambarkan kebebasan, jika dipadukan dengan warna natural kayu akan mengandung kesan alam bebas yang dapat memberikan ketenangan bagi siapa saja yang ada di dalamnya. Mungkin Anda tidak akan menjumpai warna-warna yang terkesan ceria seperti kuning, merah, dan yang lainnya.

Furnitur

desain rumah jepang 2019

Sumber gambar: maricamckeel.com

Furnitur yang digunakan dalam konsep rumah Jepang adalah furnitur kecil yang disesuaikan dengan ruang sempit untuk menciptakan kesan luas pada ruangan.

Furnitur kayu dengan warna soft sangat banyak digunakan di sini. Sirkulasi ruang juga sangat diperhatikan sehingga tak hanya perabotnya yang menggunakan kayu namun juga sampai plafon juga terbuat dari kayu.

Untuk konsep tatanan denah rumah biasanya mengusung tema lesehan dengan meja lebar di tengahnya. Tatami juga digunakan sebagai alas ruangan serta hiasan lain yang mengesankan kenyamanan dan keakraban di dalamnya. Karena seperti yang telah diketahui bahwa orang Jepang sangat mengedepankan privasi.

Dekorasi dan Pencahayaan

Dekorasi ruangan pada rumah ala Jepang menggunakan unsur-unsur budaya dan alam sebagai temanya. Anda bisa menempatkan lukisan shodou (kaligrafi Jepang) di dinding rumah Anda untuk menciptakan kesan alami.

Pembatas antarruangan juga lazim digunakan pada rumah-rumah orang Jepang. Untuk pencahayaan mereka biasa menggunakan lampion dan pencahayaan alami dari luar.

Aliran Zen

Aliran Zen sebagai konsep orang Jepang yang mengedepankan unsur alam juga tergambar dalam rumah-rumah mereka.

Mereka biasanya mengambil air sebagai unsur utama untuk memberikan kesan alam. Taman indoor biasa dihadirkan dengan meletakkan tanaman bonsai serta kolam ikan yang dapat menambah kesejukan alam.

Jendela dan Ruang Terbuka

Konsep rumah orang Jepang yang minimalis dan dinamis dapat Anda coba di rumah sebagai referensi konsep rumah Anda, terutama untuk rumah dengan lahan yang tidak terlalu luas.

Jendela pada rumah ala Jepang rata-rata memiliki lebar yang lebih lebar dari biasanya. Pada rumah tradisional Jepang jendela tidak digunakan melainkan menggunakan kertas tipis yang cenderung menyerap cahaya, sehingga cahaya dapat masuk dan udara melalui pintu besar yang dibuka akan masuk dengan semilirnya, korden atau screen tebal juga jarang ditemui di sini.

Jika Anda perhatikan, ruang terbuka pada rumah orang Jepang berisi taman-taman dengan batu-batu alam atau kolam ikan sebagai ornamennya. Ketika Anda membuka jendela lebar-lebar Anda akan langsung menikmati pemandangan taman yang indah dan menyejukkan. Ruang terbuka tersebut selaras dengan konsep minimalis pada rumah orang Jepang.

Semoga informasi singkat mengenai rumah jepang dan karakteristiknya ini bermanfaat! Bila Anda membutuhkan inspirasi lain mengenai desain rumah lainnya bisa mengunjungi dekadeko.com ya!

Terima kasih.